Total Tayangan Halaman

Kamis, 04 September 2014

Dian Pelangi: Selamat Hari Solidaritas Hijab Internasional

Dian Pelangi
Dian Pelangi
A+ | Reset | A-
REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Hari ini, tepatnya 4 September 2014 diperingati sebagai Hari Hijab Dunia alias World Hijab Day. Beberapa ikon hijab Indonesia, mulai dari artis hingga desainer muslimah tak mau ketinggalan memperingatinya, tak terkecuali dengan Dian Pelangi, desainer muda berbakat dan populer di Indonesia.
"Happy International Hijab Solidarity Day! Foto ini diambol di Paris tahun lalu ketika saya sedang piknik dengan muslimah Paris di depan Menara Eiffel. Kami bangga dengan hijab kami. Semoga semua muslimah di dunia dapat hidup damai berdampingan setiap harinya dengan hijab ini," tulis Dian di akun Instagramnya, Kamis (4/9).
Desainer muda kelahiran 14 Januari 1991 itu juga mengutip petikan syair Black Eyed Peas, "Jika kamu hanya mencintai dirimu sendiri dan membuat jarak karena adanya perbedaan, maka itu hanya akan menghasilkan kebencian." Ia berharap seluruh umat beragama di dunia bisa saling berdampingan.
Dian termasuk pelopor 'Hijaber Comunity,' yaitu komunitas muslimah muda yang aktif saling berbagi tips dan pengalaman tentang hijab dan Islam. Usai gelaran Jakarta Fashion Week 2009, nama Dian Pelangi ramai dibicarakan di kalangan anak muda, sehingga banyak yang terinspirasi berhijab setelah melihat karya-karyanya.
Hari Hijab Dunia ini mulai diperingati sejak 4 September 2004 di Inggris. Dihari itu, ratusan orang yang berasal dari berbagai lembaga dunia berkumpul untuk melakukan konferensi, sebagai bentuk penolakan atas pelarangan jilbab di Prancis.
Ketika itu, pemerintah Prancis membuat aturan yang sangat kontroversial dengan melarang pemakaian jilbab juga hijab di sekolah. Keputusan ini mendapat dukungan dari Perdana Menteri Prancis waktu itu, Pierre Raffarin dan Presiden Prancis Jacques Chirac.
Hal itu tentu saja ditentang keras oleh Muslim di seluruh dunia. Mereka melakukan aksi unjuk rasa di jalanan. Sehingga, pada 4 September 2004 muncul penetapan Hari Hijab Dunia sampai saat ini.

Tidak ada komentar: