Total Tayangan Halaman

Kamis, 04 September 2014

http://www.sumeks.co.id/metro/25850-sejarah-hari-hijab-sedunia

Tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Hijab Sedunia. Peringatan ini bentuk solidaritas atas pertama kali munculnya peraturan dilarang berjilbab di Prancis pada 4 September 2002 lalu.
Muslimah di seluruh dunia terus menderita karena dilarang berhijab.  Seperti di Prancis, Jerman, Tunisia, Maroko, dan Turki. Mereka dikucilkan dari pergaulan masyarakat dimana mereka tinggal.
4 September juga menandai kembalinya anak perempuan ke sekolah di Prancis, di mana larangan berjilbab dimulai. Larangan tersebut bertujuan menjauhkan hijab dari setiap wanita muslimah.
Hari Hijab Sedunia juga untuk mengenang Marwa Al Sherbini (32), yang tewas akibat tikaman seorang pria rasis, dalam persidangan di Jerman, 1 Juli 2004. Saat itu, Marwa bersaksi menggugat pria tersebut yang sebelumnya telah melecehkan dirinya karena memakai hijab.
Kejadian tersebut menyulut kemarahan dan perhatian publik tentang kebebasan hak asasi manusia. Tercetuslah opini publik di dunia maya, 4 September merupakan peringatan Hari Hijab Sedunia untuk mengenang tragedi Marwa yang disebut sebagai martir hijab.
Usulan ini didengar organisasi Islam dunia. Menurut Abeer Pharaon, selaku Ketua Organisasi Perlindungan Hijab, peristiwa Marwa bukan sebatas martir hijab (syahid), melainkan korban islamophobia yang melanda Eropa sejak peristiwa WTC, 11 September 2001.
Berdasarkan usulan tersebut, tokoh-tokoh muslim di Eropa menyelenggarakan konferensi yang dihadiri  berbagai organisasi internasional, termasuk cendikiawan terkenal Sheikh Yusuf Al-Qardawi dan Prof Tariq Ramadan di London pada Juli 2004.
Dari konferensi itu, terbentuklah Assembly for the Protection of Hijab. Ini semacam Organisasi Perlindungan Hijab serta resmi dideklarasikannya International Hijab Solidarity Day atau Hari Hijab Sedunia yang jatuh setiap 4 September. Hari solidaritas ini tidak hanya diusung untuk muslimah berhijab saja, tapi juga lebih pada esensi kebebasan hak asasi manusia. Sejak itulah, setiap 4 September diperingati sebagai Hari Hijab Sedunia. (berbagai sumber/ce4

Tidak ada komentar: